Selasa, 17 Januari 2012

Jadi Anak Sekolah

Saya sering liat status atau tweet yang bilang "aku bosan sekolah" "aku benci jadi anak sekolah" "aku males sekolah". Bener2 mereka gak pernah ngerasain kerja mungkin yah? Ada hal yang lebih ngebosenin dan malesin daripada sekolah. Kerja! Tapi memang kalo kerja itu ada imbalannya berupa materi tapi sekolah juga ada namun berupa ilmu.

Aku pun dulu ngerasa demikian, males jadi anak sekolah. Cape doang gak digaji. Hahaha. Tapi taukah, masa2 sekolah itu masa paling indah. Emang gak seindah di FTV atau film Hollywood tapi saat sekolah adalah saat dimana kita punya banyak waktu untuk bersenang2.

Contohnya libur panjang setahun ajaran bisa sampe 3 kali. Pas Lebaran, semester 1, sama semester 2. Gak kek kerja. Liburnya paling tanggal merah aja. Tapi gak semua tempat kerja gitu. Malah ada yang dijatah seminggu cuma libur sehari aja udah titik gak ada nego. Bahkan pas Hari Raya terkadang ada tempat kerja yang mengharuskan karyawannya kerja. Sigh! Susahnya cari rejeki. Tapi ada cuti sih. Kebijakan cuti tiap perusahaan beda.

Intinya syukurilah keadaan masing-masing. Buat pelajar, manfaatkanlah masa main2 kalian. Ketawa ngakak gak bakal kalian rasain lagi di tempat kerja. Telat dateng bakal dikasih sanksi tegas gak kek di sekolah yg sanksinya bisa ditolerir. Dan yang terpenting, otak bukanlah segalanya. Percuma otak encer tapi etos kerja gak punya. Gak bakal kepake. Jadi pekerja itu harus siap menanggung resiko. Resiko kesalahan kerja, resiko dimarahin atasan, resiko dimarahin customer. Phewwwwww! Kalo sekolah sih paling dimarahin guru. Udah gitu marahinnya pasti gak sampe hati. Beda lah atmosfer kerja sama sekolah. Kalo sekolah ujiannya musiman, kalo kerja ujiannya tiap hari.

Yasudahlah!

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar