Kamis, 06 Desember 2012

Ponsel Android

Udah setahun lebih saya pake ponsel Android. Tapi belum pernah sekali pun posting artikel yang berkaitan soal ponsel pintar ini. Dan hari ini berhubung mood blogging lagi baik makanya saya mau share dikit mengenai ponsel Android.
Mungkin orang bertanya-tanya apa sih Android itu? Hmm menurut wikipedia sih Android itu sistem operasi berbasis Linux. Untuk lebih jelasnya mengenai definisi Android silahkan tanya ke wikipedia. :)
Beberapa ponsel yang mengadopsi platform Android di antaranya Samsung Galaxy series, Sony Ericsson Experia, Google Nexus, HTC, dll. Jadi kalo bicara soal ponsel Android berarti bisa mencakup merk-merk ponsel tersebut tadi.
Nah apa sih keunggulan ponsel Android? Kenapa banyak orang yang memilih pakai ponsel Android ketimbang ponsel pintar lain? Tentu aja alasannya bermacam-macam.
Pertama pakai ponsel Android saya langsung kagok karena gak terbiasa pakai ponsel layar sentuh. Maklumlah ponsel yang biasa saya pakai adalah ponsel yang memiliki keypad 3x4. Pernah pinjam ponsel layar sentuh milik teman dan cara geser kursornya itu ribet. Harus pake kuku kalo gak stik untuk menggerakkan kursornya. Sementara saya gak biasa memelihara kuku panjang. Nah pertama kali pegang ponsel Android saya merasa nyaman karena menggeser layar gak harus pake kuku. Cukup pake jempol aja. Dan itu ringan. Ringan yang dimaksud itu gak harus tekan layar dulu baru geser. Walapun kadang sering kesentuh ikonnya secara gak sengaja tapi semua memang butuh adaptasi. Kalo sudah terbiasa semuanya mudah kok.

Setiap kita baru mengaktifkan ponsel Android, kita akan disuruh untuk mengisi alamat email dan password. Ibaratnya menginput email dan password itu syarat sah-nya pakai ponsel Android. Karena ponsel Android ini punya Google, Inc. makanya email yang dimasukkan harus akun Google mail atau Gmail. Kalo pakai Yahoo atau Hotmail gak bisa. Temen saya pernah pakai Yahoo dan katanya hanya loading aja tanpa hasil. Pffft.

Google Mail

Kenapa harus masukkin alamat email? Ya karena kalo kita mau unduh aplikasi di Android Market/Play Store kita harus sudah menginput akun gmail kita.

Play Store (dulu  Android Market)

Sekarang pertanyaannya, apa sih Android Market/Play Store itu? Kalo ponsel biasa punya getjar, BlackBerry punya BB World, iPhone punya Apple Store, maka Android punya Android Market/Play Store. Bisa dikatakan AM/PS itu tempat belanjanya aplikasi untuk ponsel Android. Kalo kita biasanya unduh Opera Mini di getjar, dengan ponsel Android kita bisa unduh Opera Mini di AM/PS. Di AM/PS ini tersedia baik aplikasi gratis maupun berbayar. Gak cuma aplikasi internet sih, games juga banyak tersedia di situ. Buat gamer sejati, ponsel Android sangat disarankan untuk dimiliki.

Selain untuk hiburan, ponsel Android juga bisa untuk membuka file berbasis Ms. Office dan PDF dengan menggunakan Quick Office. Kita juga bisa berkirim email dengan menggunakan Gmail, Yahoo, atau pun Hotmail. Semua terasa mudah menggunakan ponsel Android.

Quick Office
Email

Namun sayangnya ponsel ini boros batre. Hanya untuk membuka gallery foto atau memakai kamera saja bisa mengurangi daya beberapa persen. Lebih boros lagi jika kita mengaktifkan internet dan kita sync semua aplikasi. Tapi semua itu ada solusinya dengan mematikan aplikasi tidak terpakai menggunakan Task Manager atau Advanced Task Killer. Pastikan WiFi dan GPS mati agar batre lebih irit. Mengenai tips menghemat batre di ponsel Android nanti akan saya bahas sendiri di artikel lain.
Intinya, fitur yang ditawarkan oleh Android ini sangat perfecto. Bisa diibaratkan Android ini surganya internet freak. So, tunggu apalagi? Go get your Android. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar